PERBEDAAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA DI SMA N 1 BANGUNTAPAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Putri Damayanti, Rahma (2014) PERBEDAAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PKN SISWA DI SMA N 1 BANGUNTAPAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I. PENDAHULUAN.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II. KAJIAN TEORI.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III. METODE PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V. PENUTUP.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATA PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
GAIN SKOR.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HASIL UJI INDEPENDENT T TEST.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran foto.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran ke 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkasan skripsi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
rpp inkuiri.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Srt_Ijin_Kepatihan.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Srt_Ket_Bappeda_Bantul.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Srt_Ket_Fakultas.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Srt_Ket_Sekolah.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar PKn siswa di SMA N 1 Banguntapan yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dengan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Banguntapan tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 211 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling dengan mengundi kelas mana yang akan dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil undian sampel terpilih kelas X 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan tes prestasi belajar. Analisis data tentang motivasi dan prestasi belajar menggunakan uji t dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, ada perbedaan motivasi belajar siswa kelas X antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan metode ceramah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel (thitung: 2,350 > ttabel: 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,022 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,022 < 0,05). Besarnya efektifitas dilihat dari perolehan gain score di kelas eksperimen 0,3 (sedang) dan kelas kontrol 0,0 (rendah). Kedua, ada perbedaan prestasi belajar siswa kelas X antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan metode ceramah. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung lebih besar daripada ttabel (thitung 3,719 > ttabel 2,000), dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Besarnya efektifitas dilihat dari perolehan gain score di kelas eksperimen 0,3 (sedang) dan kelas kontrol 0,0 (rendah). Kata Kunci: Inkuiri, motivasi belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:22
Last Modified: 30 Jan 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24100

Actions (login required)

View Item View Item