PERAN PEMBELAJARAN PKn DAN KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MAN 1 YOGYAKARTA

Hapsari, Lysa (2013) PERAN PEMBELAJARAN PKn DAN KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V (BAB V & DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (16MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran PKn dalam membentuk karakter dan peran kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter pada siswa di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hambatan dalam membentuk karakter pada siswa di MAN 1 Yogyakarta, beserta upaya dalam menghadapi hambatan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Yogyakarta pada bulan Maret sampai Mei 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PKn, Pembina Pramuka, dan siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data induktif, dengan langkah-langkahnya meliputi reduksi data, kategorisasi data, display dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran pembelajaran PKn dalam membentuk karakter pada siswa di MAN 1 Yogyakarta terletak pada strategi guru dalam menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan antara lain diskusi, ceramah bervariasi, membuat film dan bermain peran. Adapun peran guru PKn sebagai fasilitator, motivator, teladan, dan pendidik walaupun belum sepenuhnya semua peran dapat dilaksanakan dengan maksimal. Peran kegiatan kepramukaan sendiri terletak dari peran pembina pramuka dalam menciptakan kegiatan yang modern, menarik serta menantang walaupun belum sepenuhnya mampu menarik bagi seluruh peserta didik di MAN 1 Yogyakarta. Namun, kegiatan tersebut telah dilaksanakan dengan menggunakan metode pendidikan kepramukaan antara lain pengamalan kode kehormatan pramuka disetiap kegiatan, learning by doing, serta penghargaan berupa tanda kecakapan. Hambatan guru PKn: (1) sulitnya membagi waktu antara menyelesaikan materi dengan menanamkan nilai-nilai sehingga terbentuk karakter; (2) kurangnya minat peserta didik; dan (3) beraneka ragamnya latar belakang siswa. Hambatan pembina pramuka: (1) banyak siswa yang tidak suka mengikuti kegiatan kepramukaan; (2) karakteristik peserta didik yang beranekaragam. Upaya guru PKn dalam mengatasi hambatan: (1) memperbaiki manajemen waktu; (2) menugaskan siswa membaca materi di rumah; (3) melakukan pengamatan sepanjang proses pembelajaran. Upaya pembina pramuka: (1) menciptakan kegiatan yang menarik dan menantang; (2) berbagai permasalahan yang muncul diselesaikan dengan musyawarah mufakat. Kata Kunci: Karakter, PKn, Pramuka, MAN 1 Yogyakarta

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:22
Last Modified: 30 Jan 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24097

Actions (login required)

View Item View Item