UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI BERMAIN MELOMPAT RINTANGAN SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH ARGOSARI, SEDAYU, BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015

Rumelah (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI BERMAIN MELOMPAT RINTANGAN SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH ARGOSARI, SEDAYU, BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Rumelah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Suasana pembelajaran lompat jauh siswa saat ini masih belum memuaskan, sehingga hasil belajar belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permainan melompat rintangan siswa kelas V di SD Muhammadiyah Argosari, Sedayu, Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Muhammadiyah Argosari, Sedayu, Bantul Tahun Ajaran 2014/2015 dengan jumlah total 11 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu proses lompat jauh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui permainan melompat rintangan dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V di SD Muhammadiyah Argosari, Sedayu, Bantul Tahun Ajaran 2014/2015, hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan dan kemampuan lompat jauh siswa dari sikap awalan, tumpuan, dan tolakan. Pada siklus II yaitu sikap awalan, tolakan dan mendarat pada siklus II, hasilnya sikap awalan pada kategori “Baik” sebesar 63,64% (7 siswa), “Cukup” sebesar 27,27% (3 siswa), dan “Kurang” sebesar 9,09% (1 siswa), sikap tumpuan pada kategori “Baik” sebesar 63,64% (7 siswa), “Cukup” sebesar 36,36% (4 siswa), dan “Kurang” sebesar 0% (0 siswa), dan sikap mendarat pada kategori “Baik” sebesar 72,73% (8 siswa), “Cukup” sebesar 18,18% (2 siswa), dan “Kurang” sebesar 9,09% (1 siswa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lompat jauh, metode bermain, melompat rintangan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24079

Actions (login required)

View Item View Item