FAKTOR - FAKTOR PENDUKUNG SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMP N 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Anisha Arivianti Putri (2015) FAKTOR - FAKTOR PENDUKUNG SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMP N 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi File Nisha.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler bola basket di SMP N 1 Klaten belum berjalan maksimal karena masih terdapat kendala-kendala seperti alokasi waktu yang terbatas, kondisi sarana prasarana yang kurang memadai dan kurangnya kedisiplinan siswa saat melakukan latihan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor pendukung siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket di SMP N 1 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII peserta ekstrakurikuler bola basket di SMP N 1 Klaten dengan jumlah 40 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala sikap yang telah di expert judgement oleh ahli yaitu Hedi Ardiyanto A, M.Or., Ahmad Rithaudin, M.Or., dan Eka Novita Indra, M.Kes., yang kemudian diujicobakan sehingga memperoleh koefisien keandalan sebesar 0.742 dan 8 dari 40 butir pernyataan dinyatakan gugur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor pendukung siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket mempunyai rincian data sebagai berikut: sebanyak 3 siswa (7.5%) tergolong dalam kategori sangat tinggi, 8 siswa (20%) tergolong dalam kategori tinggi, 17 siswa (42.5%) tergolong dalam kategori sedang, 10 siswa (25%) tergolong dalam kategori rendah dan 2 siswa (5%) tergolong dalam kategori sangat rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor pendukung siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola basket di SMP N 1 Klaten sebagian tergolong dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor pendukung, ekstrakurikuler bola basket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24077

Actions (login required)

View Item View Item