KEEFEKTIFAN STRATEGI SQ3R (SURVEY-QUESTION-READ-RECITE- REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA MAGELANG JAWA TENGAH

Randu Gupita, Millatina (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI SQ3R (SURVEY-QUESTION-READ-RECITE- REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 KOTA MAGELANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan memahami teks eksplanasi antara kelompok yang diberi pembelajaran dengan menggunakan strategi SQ3R dan kelompok yang diberi pembelajaran tanpa menggunakan strategi SQ3R, dan (2) keefektifan penggunaan strategi SQ3R dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Magelang Jawa Tengah. Strategi SQ3R digunakan karena membantu siswa dalam memahami dan berpikir tentang teks yang sedang mereka baca dan membantu guru dalam membimbing siswa bagaimana membaca seperti para pembaca efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas berupa strategi SQ3R dan variabel terikat berupa hasil tes pemahaman membaca teks eksplanasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Kota Magelang dengan jumlah 195 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas VII C dengan jumlah 32 siswa merupakan kelompok eksperimen dan kelas VII F dengan jumlah 32 siswa merupakan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes berupa instrumen penelitian yang diujikan pada kelas VII D dengan jumlah 33 siswa. Hasil uji instrumen yang diperoleh dihitung menggunakan bantuan program komputer Iteman untuk mengetahui validitas dan reabilitas. Data hasil penelitian dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran data dan uji homogenitas varian. Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok terbukti bahwa data normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa skor tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh thitung 8,644, ttabel 2,000 dengan df 61 pada taraf kesalahan 5%. Dikarenakan nilai thitung lebih besar dari ttabel (8,644>2,000) dan nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Selain itu, berdasarkan uji-t gain score diperoleh thitung 4,512, ttabel 2,000, df 61 pada taraf kesalahan 5%. Dikarenakan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,512>2,000) dan nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000<0,05), dapat disimpulkan bahwa strategi SQ3R efektif digunakan dalam pembelajaran memahami teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24072

Actions (login required)

View Item View Item