KEEFEKTIFAN STRATEGI K-W-L PLUS (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED PLUS) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Meidisya Lutfi Isnaini, Meidisya (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI K-W-L PLUS (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED PLUS) DALAM PEMBELAJARAN MEMAHAMI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji perbedaan yang signifikan kemampuan memahami teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi K-W-L Plus dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa strategi K-W-L Plus pada siswa kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta; (2) menguji keefektifan strategi K-W-L Plus dalam pembelajaran memahami teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Strategi K-W-L Plus dipilih karena strategi ini dapat membantu menghidupkan latar belakang pengetahuan, mengembangkan minat siswa terhadap teks, dan mengorganisir pengetahuan yang diperoleh siswa dalam proses memahami teks. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian pretest posttest control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Data diperoleh dengan pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi dilakukan melalui expert judgement, sedangkan validasi konstruk dan reliabilitas butir soal dihitung dengan bantuan program komputer Iteman. Data dianalisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians dengan bantuan program komputer SPSS 16. Hasil uji normalitas dan uji homogenitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan memahami teks ulasan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan strategi K-W-L Plus dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa strategi K-W-L Plus pada siswa kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil analisis data dengan uji-t skor posttest kelompok kontrol dan eksperimen yang menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,859>2,000) dan nilai p lebih kecil dari 0,05 (p=0,000<0,05); (2) strategi K- W-L Plus efektif digunakan dalam pembelajaran memahami teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji-t pretest dan posttest kelompok ekperimen diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (7,158 >2,000) dan nilai p lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), serta terdapat kenaikan skor rata-rata kelompok eksperimen yang lebih besar daripada kelompok kontrol yaitu 6,05, sedangkan skor rata-rata kelompok kontrol hanya mengalami kenaikan sebesar 2,80.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24069

Actions (login required)

View Item View Item