PENINGKATAN PERCAYA DIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SERANG KULON PROGO

Apriliarini, Ditya (2015) PENINGKATAN PERCAYA DIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI SERANG KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DITYA APRILIARINI-NIM 11108241097.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dalam pembelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas V SD Negeri Serang Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Serang, Pengasih, Kulon Progo. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat kegiatan dalam tiga tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah panduan observasi dan angket rating scale yang digunakan untuk mengukur percaya diri siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Percaya diri siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan, baik itu percaya diri batin maupun percaya diri lahir. Data awal percaya diri batin siswa memiliki rata-rata skor perolehan 88,48 dengan 12 (57,14%) siswa memperoleh kategori percaya diri batin ≥ tinggi. Sementara itu percaya diri lahir siswa memiliki rata-rata 255,14dengan 10 (47,62%) siswa memperoleh kategori percaya diri lahir ≥ tinggi. Pembelajaran IPS yang telah dilakukan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siklus I telah dapat meningkat percaya diri batin siswa menjadi rata-rata skor perolehan 97,38 dengan 19 atau 90,48% siswa memperoleh kategori percaya diri batin ≥ tinggi. Sementara itu percaya diri lahir siswa juga meningkat menjadi rata-rata 264,19 dengan 15 (71,43%) siswa memperoleh kategori percaya diri lahir ≥ tinggi. Dilakukannya berbagai perbaikan di siklus II menjadikan percaya diri siswa kembali mengalami peningkatan. Percaya diri batin siswa pada siklus II meiliki rata-rata 99,67 dengan 21 atau 100% siswa memperoleh kategori percaya diri batin ≥ tinggi. Percaya diri lahir siswa juga meningkat menjadi 273,19 dengan 18 (85,71%) siswa memperoleh kategori percaya diri lahir ≥ tinggi di siklus II. Kata kunci: Percaya Diri, Think Pair Share

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24056

Actions (login required)

View Item View Item