FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK SIKAP INGIN TAHU SISWA KELAS IV SDN PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Trimaulani, Zidni Khasna (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK SIKAP INGIN TAHU SISWA KELAS IV SDN PUJOKUSUMAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
ZIDNI KHASNA TRIMAULANI_11108241150.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang membentuk sikap ingin tahu siswa kelas IV SD N Pujokusuman 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Fokus penelitian adalah faktor-faktor yang membentuk sikap ingin tahu siswa kelas IV. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV dan guru di SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah faktor-faktor yang membentuk sikap ingin tahu siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, display, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang membentuk sikap ingin tahu siswa di sekolah terdiri atas faktor dari dalam diri dan luar diri siswa. Faktor yang berasal dari dalam diri siswa terdiri atas: 1) karakteristik pribadi, 2) perilaku eksplorasi, 3) sikap dalam menanggapi rangsang, 4) minat khusus terhadap materi tertentu, dan 5) fokus terhadap hal-hal baru. Sementara faktor yang berasal dari luar diri siswa terdiri atas: 1) adanya respon, harapan, dan pengaruh orang dewasa (dalam hal ini adalah guru), 2) pengaruh lingkungan sekolah, 3) sistem pendidikan, 4) pengalaman sebelumnya dalam melakukan eksplorasi. Faktor internal yang memiliki peran kuat dalam pembentukan sikap ingin tahu adalah karakteristik pribadi, sementara faktor eksternal yang berperan kuat adalah adanya respon, harapan, dan pengaruh orang dewasa yakni guru dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata kunci: sikap ingin tahu, eksplorasi, siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24050

Actions (login required)

View Item View Item