NILAI KEDISIPLINAN DALAM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN SISWA KELAS V (Studi Kasus di SD Negeri Siyono III, Playen, Gunungkidul)

Febriatmaka, Dian (2015) NILAI KEDISIPLINAN DALAM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN SISWA KELAS V (Studi Kasus di SD Negeri Siyono III, Playen, Gunungkidul). S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
DIAN FEBRIATMAKA_11108241068.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menyelenggaraan pendidikan kepramukaan, proses kegiatan kepramukaan dalam menumbuhkembangkan kedisiplinan siswa dan menemukan faktor penghambat dan pendukung pendidikan kepramukaan siswa kelas V SD Negeri Siyono III. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, koordinator pramuka, pembina pramuka, dan guru kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April- Mei 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data collection, data display, data reduction dan drawing/verification. Teknik pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data (credibility) yang mencakup perpanjangan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan tahap perencanaan kegiatan kepramukaan masih belum memiliki administrasi program yang lengkap. Demikian pula pada tahap evaluasi masih sebatas mengukur kemampuan kognitif siswa. Proses menumbuhkembangkan kedisiplinan dilakukan dalam latihan rutin mingguan, PERSAMI, upacara dan PBB. Pelaksanaan kegiatan kepramukaan berpedoman pada Prinsip Dasar dan Metode Pendidikan Kepramukaan. Faktor pendukung kegiatan kepramukaan yaitu sarana prasarana yang cukup memadai, lingkungan yang kondusif, dukungan dari sekolah dan orang tua. Faktor penghambat kegiatan kepramukaan yaitu kurangnya pembina dan cuaca. Kata kunci : kedisiplinan, pendidikan kepramukaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item View Item