Ardianti, Dian (2015) PENANAMAN NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD NEGERI KEPEK KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Dian Ardianti_11108244012.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa kelas IV SD Negeri Kepek Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, siswa kelas IV, serta kepala sekolah. Objek penelitian ini berupa penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu lembar observasi, lembar wawancara dan lembar studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan, guru menggunakan teknik external control yaitu dengan memberikan ancaman atau hukuman kepada siswa yang tidak disiplin dan memberikan reward atau pujian kepada siswa yang berdisiplin. Guru menanamkan disiplin melalui teknik inner control yaitu guru menjadi teladan bagi siswanya, kegiatan peneladan yang dilakukan oleh guru berupa guru tidak pernah terlambat datang kesekolah, cara berpakaian guru yang rapi dan sopan, tutur kata dan bahasa yang digunakan baik dan sopan serta mengajarkan sopan satun, beretika dan mengajarkan untuk saling menghormati, baik kepada guru maupun kepada siswa. Guru menggunakan teknik cooperatif control yaitu mengedepankan kerjasama diantara guru dengan siswa. Kerjasama sama tersebut dibuat dan dijalankan bersama antara guru dengan siswa. Hambatan yang dialami dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan siswa kelas IV adalah guru kurang tegas dalam mendisiplinkan siswanya. kurangnya variasi guru dalam menyampaikan materi membuat siswa menjadi cepat bosan. Selain itu kurangnya perhatian, motivasi dan dukungan dari orang tua membuat anak menjadi tidak disiplin. Kata kunci: Nilai-nilai Kedisiplinan, Siswa Kelas IV.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Aspek Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 07:50 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24047 |
Actions (login required)
View Item |