UPAYA PENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS V SD KANISIUS MINGGIR

Aditya Hari Wibawanto (2015) UPAYA PENINGKATKAN PEMBELAJARAN LARI JARAK PENDEK DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS V SD KANISIUS MINGGIR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Aditya Hari Wibawanto_11601247293.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan lari jarak pendek siswa kelas V SD Kanisius Minggir Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung 2 siklus, setiap siklus dilakukan dua pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan selama 2x35 menit. Subjek peneliti adalah siswa kelas V SD Kanisius Minggir Sleman Yogyakarta yang berjumlah 18 siswa. Sasaran yang diteliti ialah peningkatan pembelajaran lari jarak pendek. Pembelajaran diarahkan pada rasa senang dan antusias. Lari jarak pendek diarahkan pada reaksi koordinasi dan kecepatan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes unjuk kerja. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias, aktif, tidak malas, dan merasa senang. Sedangakan nilai kuantitatif dapat dilihat dari hasil tes unjuk kerja lari, nilai rerata siswa siklus pertama 67, siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 56% dari ketentuan sekolah adalah 75. Pada siklus dua nilai meningkat menjadi 81 dan siswa yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 87%. Hasil ini sangat meningkat dibandingkan dengan hasil tes unjuk kerja siswa kelas V tahun sebelumnya yang hanya 45% tuntas dari ketentuan KKM sekolah 75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lari jarak pendek pada siswa kelas V SD Kanisius Minggir, Sendangagung, Minggir Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lari Jarak Pendek, Pendekatan Bermain, Kelas V.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24044

Actions (login required)

View Item View Item