KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL DIY

Pratama, Aditya (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Aditya Pratama-11201241018.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi double entry journal dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi double entry journal dalam menulis cerpen. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan menguji keefektifan strategi double entry journal dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi double entry journal dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Piyungan. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis cerpen. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukan data penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t skor posttest kelompok eksperimen dan posttest kelompok kontrol menghasilkan thitung adalah 3.606 dengan db 54 diperoleh nilai p sebesar 0,001. Nilai p lebih kecil dari 5% (p< 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi double entry journal dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan strategi double entry journal. Hasil perhitungan uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung 13.171 dengan db 27 diperoleh nilai p 0,000. Pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh thitung 10.115 dengan db 27 dan diperoleh p 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi double entry journal efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas VII SMPN 1 Piyungan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24034

Actions (login required)

View Item View Item