Indra Yogi, Setiadi (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN PCB WIZARD TERHADAP KOMPETENSI PRAKTIK DASAR ELEKTROMEKANIK DI SMK NEGERI 2 PENGASIH. D3 thesis, UNY.
|
Text
Indra Yogi Setiadi 11501244012.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN PCB WIZARD TERHADAP KOMPETENSI PRAKTIK DASAR ELEKTROMEKANIK DI SMK NEGERI 2 PENGASIH Oleh: Indra Yogi Setiadi NIM. 11501244012 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek berbantuan PCB Wizard pada ranah kognitif apabila dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di pembelajaran praktik dasar elektromekanik, (2) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek berbantuan PCB Wizard pada ranah afektif apabila dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di pembelajaran praktik dasar elektromekanik, dan (3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis proyek berbantuan PCB Wizard pada ranah psikomotorik apabila dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di pembelajaran praktik dasar elektromekanik. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKL 1 (eksperimen) dan X TKL 2 (kontrol) Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan di SMK Negeri 2 Pengasih. Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak 64 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif pada ranah kognitif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran praktik dasar elektromekanik (thitung = 4,632 > ttabel = 1,998), rata-rata kognitif kelas kontrol = 75,56 sedangkan kelas eksperimen = 85,88, (2) Model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif pada ranah afektif siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran praktik dasar elektromekanik (thitung = 7,266 > ttabel = 1,998), rata-rata afektif kelas kontrol = 60,16 sedangkan kelas eksperimen = 68,03, (3) Model pembelajaran berbasis proyek lebih efektif pada ranah psikomotorik siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran praktik dasar elektromekanik (thitung = 6,137 > ttabel = 1,998), rata-rata psikomotorik kelas kontrol = 63,25 sedangkan kelas eksperimen = 74,94. Kata Kunci: Kompetensi, Pembelajaran Berbasis Proyek, PCB Wizard dan Praktik Dasar Elektromekanik
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 29 Jul 2015 02:57 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 03:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |