PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI GEOMETRI

Hermawan, Aditias Hermawan (2010) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN TRANSFORMASI GEOMETRI. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGEMBANGAN_MULTIMEDIA_INTERAKTIF.aditias_hermawan.doc

Download (22kB)

Abstract

Transformasi geometri merupakan salah satu materi matematika yang membutuhkan visualisasi yang jelas dalam pembelajarannya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat memvisualisasikan materi ini dengan jelas. Salah satunya adalah dengan media berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran matematika SMA kelas XII untuk materi transformasi geometri berbasis komputer multimedia interaktif. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian pengembangan yang berorientasi pada pengembangan produk, serta respon siswa terhadap produk. Model pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan transformasi geometri mengacu pada model pengembangan ADDIE. Pada tahap implementasi peneliti melakukan uji coba untuk siswa kelas XII IPA 1 di SMA N 1 Pleret dan uji coba terbatas untuk guru, dosen ahli materi serta dosen ahli media. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket evaluasi media untuk siswa, angket evaluasi media untuk guru, angket evaluasi media untuk ahli materi, angket evaluasi media untuk ahli media serta angket respon siswa. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dilakukan melalui 5 tahap pengembangan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan terdiri atas 5 bagian yaitu (1) bagian pembukaan yang berisi animasi serta judul, (2) bagian menu utama yang berisi pengantar, kompetensi, petunjuk serta sistem tampilan dan suara, (3) bagian materi yang terdiri dari 4 materi yaitu translasi, refleksi, rotasi dan dilasi, tiap materi dibagi menjadi isi, contoh soal, simulasi serta latihan, (4) bagian menu game (5) bagian penutup yang berisi ucapan terima kasih. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif ini mendapatkan respon yang baik dari siswa sebagai pengguna, hal ini dapat dilihat dari hasil angket respon yang memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 3,00 dan berkriteria “baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Jul 2012 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2403

Actions (login required)

View Item View Item