Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Gambar Teknik Berbasis Software Bantu di SMK Binawiyata Sragen Kelas X Paket Keahlian Teknik Otomasi Industri

Apriyani Puji, Lestari (2015) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Gambar Teknik Berbasis Software Bantu di SMK Binawiyata Sragen Kelas X Paket Keahlian Teknik Otomasi Industri. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Apriyani Puji Lestari 11501241007.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Gambar Teknik Berbasis Software Bantu di SMK Binawiyata Sragen Kelas X Paket Keahlian Teknik Otomasi Industri Oleh : Apriyani Puji Lestari NIM. 11501241007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan materi dengan menggunakan multimedia interaktif pada mata pelajaran Gambar Teknik di Kelas X Paket Keahlian Teknik Otomasi Industri SMK Binawiyata Sragen khususnya materi Gambar Teknik. Media Pembelajaran ini diharapkan menjadi layak dan memudahkan siswa menyerap materi kemudian menerapkannya pada ketrampilan gambar teknik. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Populasi penelitian adalah siswa Kelas X Teknik OtomasiIndustri SMK Binawiyata Sragen sejumlah 26 orang. Ukuran sampel penelitian yaitu 6 orang ditentukan dengan metode random/ acak. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan rerata skor total dari ketiga aspek penilaian oleh dua orang ahli media adalah 58,50 dengan kategori “Layak” sebagai media pembelajaran. Rerata skor total dari kedua aspek penilaian dua orang ahli materi adalah 56,00 dengan kategori “Sangat Layak”. Sebanyak 100% siswa pada uji coba kelompok kecil menyatakan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dalam kategori “Baik” sebagai media pembelajaran. Adapun26,92% siswa pada uji coba kelompok besar/ lapangan menyatakan bahwa multimedia pembelajaran interaktif dalam kategori “Sangat Baik” sebagai media pembelajaran. Sedangkan 73,08% siswa menilai produk dalam kategori “Baik” sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Gambar Teknik, Software Bantu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Jul 2015 02:14
Last Modified: 30 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24028

Actions (login required)

View Item View Item