HUBUNGAN PERSEPSI POLA ASUH ORANG TUA DAN PENERAPAN NILAI BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Sari, Novi Kurnia (2015) HUBUNGAN PERSEPSI POLA ASUH ORANG TUA DAN PENERAPAN NILAI BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Novi Kurnia Sari_11108241048.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan adanya permasalahan sekolah sudah menerapkan nilai budaya sekolah yang menunjang kemandirian belajar siswa dan juga dengan penerapan pola asuh orang tua yang berbeda-beda namun kemandirian belajar siswa di SD N se-Gugus I Sidoarum Sleman masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pola asuh orang tua dan penerapan nilai budaya sekolah dengan kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Subjek penelitian sebanyak 186 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk skala. Validasi instrumen menggunakan penilaian ahli, sedangkan reliabilitas menggunakan teknik analisis koefisien alpha Cronbach. Hasil reliabilitas butir dari instrumen persepsi pola asuh orang tua sebesar 0,873 dan untuk instrument penerapan nilai budaya sekolah sebesar 0,839. Adapun kemandirian belajar siswa memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,913. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Besarnya hubungan persepsi pola asuh orang tua dengan kemandirian belajar siswa adalah 57%. Hubungan penerapan nilai budaya sekolah dengan kemandirian belajar siswa adalah 72%. Selanjutnya besarnya hubungan pola asuh orang tua dan penerapan budaya sekolah dengan kemandirian belajar siswa adalah 89%. Berdasarkan dari hasil kesimpulan diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi pola asuh orang tua dan penerapan nilai budaya sekolah dengan kemandirian belajar siswa kelas tinggi SD di Kecamatan Godean Kabupaten Sleman tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: persepsi pola asuh orang tua, penerapan nilai budaya sekolah, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24014

Actions (login required)

View Item View Item