KEBIJAKAN RUMAH SAKIT SOERADJI TIRTONEGORO DALAM MENINGKATKAN LAYANANAN KESEHATAN (STUDI KEPUASAN PASIEN PENGGUNA JAMKESMAS)

Wiyono, Arif (2014) KEBIJAKAN RUMAH SAKIT SOERADJI TIRTONEGORO DALAM MENINGKATKAN LAYANANAN KESEHATAN (STUDI KEPUASAN PASIEN PENGGUNA JAMKESMAS). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skipsi FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, (3) upaya RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dalam meningkatkan pelayanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan purposive. Subjek penelitian ini adalah Pejabat atau petugas yang bertanggung jawab atas pelaksanaan pelayanan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sebanyak 2 orang yang meliputi wakil direktur bidang pelayanan rumah sakit dan kepala bidang pelayanan medis, masyarakat penerima pelayanan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sebanyak 20 orang. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Tingkat kepuasan pasien Jamkesmas terhadap kualitas pelayanan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dalam kategori sedang. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan pasien pengguna Jamkes di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten meliputi prosedur pelayanan, waktu penyelesaian pelayanan pasien, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana yang tersedia dan kompetensi petugas. 3) Upaya RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien meliputi peningkatan kualitas pelayanan dalam hal prosedur pelayanan, meningkatkan waktu penyelesaian piutang pasien, menggratiskan biaya pelayanan peserta BPJS, meningkatkan kualitas produk pelayanan, meningkatkan sarana dan prasarana rumah sakit serta meningkatkan kompetensi petugas pelayanan. Kata kunci: Kebijakan, Layanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Jamkesmas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24009

Actions (login required)

View Item View Item