Sidik Nurcahyo, Putra (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN SIKAP DEMOKRATIS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.
|
Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB I.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB II.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
5.BAB III.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
6.BAB IV.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
7.BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
8.LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
9.RINGKASAN SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran PKn sehingga dapat diketahui: (1) Perbedaan sikap demokratis antara kelas yang menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan kelas yang menerapkan metode ceramah; dan (2) Perbedaan hasil belajar PKn antara kelas yang menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan kelas yang menerapkan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Pre-Test, Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, yaitu dua kelas yang dibagi dalam kelompok eksperimen (32 siswa) dan kelompok kontrol (32 siswa). Instrumen yang digunakan adalah angket sikap demokratis dan tes hasil belajar. Uji validitas instrument menggunakan uji validitas konstruk dengan rumus Product Moment. Uji reliabilitas untuk angket sikap demokratis menggunakan rumus Alpha Cronbach sedangkan uji reliabilitas tes hasil belajar menggunakan rumus KR-20. Data dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan sikap demokratis yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan ceramah dengan uji t taraf signifikansi 5% (0,006<0.05) diperoleh nilai thitung= 2,862 dan ttabel= 2,000. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan ceramah dengan uji t taraf signifikansi 5% (0,001<0,05) diperoleh nilai thitung= 3,342 dan ttabel= 2,000. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Ceramah, Sikap Demokratis, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 00:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24005 |
Actions (login required)
View Item |