EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN SIKAP DEMOKRATIS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 WONOSARI

Sidik Nurcahyo, Putra (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN SIKAP DEMOKRATIS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.BAB II.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.BAB III.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.BAB IV.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran PKn sehingga dapat diketahui: (1) Perbedaan sikap demokratis antara kelas yang menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan kelas yang menerapkan metode ceramah; dan (2) Perbedaan hasil belajar PKn antara kelas yang menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan kelas yang menerapkan metode ceramah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Pre-Test, Post-Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosari. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara random sampling, yaitu dua kelas yang dibagi dalam kelompok eksperimen (32 siswa) dan kelompok kontrol (32 siswa). Instrumen yang digunakan adalah angket sikap demokratis dan tes hasil belajar. Uji validitas instrument menggunakan uji validitas konstruk dengan rumus Product Moment. Uji reliabilitas untuk angket sikap demokratis menggunakan rumus Alpha Cronbach sedangkan uji reliabilitas tes hasil belajar menggunakan rumus KR-20. Data dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan sikap demokratis yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan ceramah dengan uji t taraf signifikansi 5% (0,006<0.05) diperoleh nilai thitung= 2,862 dan ttabel= 2,000. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan ceramah dengan uji t taraf signifikansi 5% (0,001<0,05) diperoleh nilai thitung= 3,342 dan ttabel= 2,000. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Ceramah, Sikap Demokratis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24005

Actions (login required)

View Item View Item