PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS PADA SISWA SMP N I MIRIT KABUPATEN KEBUMEN

Dwi Cahyani, Novi (2013) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN HUKUM BERLALU LINTAS PADA SISWA SMP N I MIRIT KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas pada siswa SMP N 1 Mirit Kabupaten Kebumen; kedua, mengetahui kendala- kendala yang dihadapi guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas pada siswa SMP N 1 Mirit Kabupaten Kebumen dan ketiga, upaya yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas pada siswa SMP N 1 Mirit. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan dan kepala sekolah. Lokasi penelitian ini terletak di SMP N 1 Mirit Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan cross check dengan sumber data dari hasil wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu berupa uraian dengan kata- kata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas pada siswa SMP N 1 Mirit Kabupaten Kebumen adalah melalui peranannya sebagai 1) informator; 2) organisator; 3) motivator; 4) fasilitator; 5) pembimbing serta 6) pengelola kelas. Kedua, kendala – kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kesadaran hukum berlalu lintas pada siswa SMP N 1 Mirit Kabupaten Kebumen meliputi kendala internal yaitu pada diri guru Pendidikan Kewarganegaraan serta kendala eksternal antara lain: 1) Kuranganya pengetahuan orang tua/ wali siswa dalam memahami peraturan lalu lintas ; 2) Sikap acuh tak acuh siswa SMP N 1 Mirit terhadap peraturan lalu lintas ; 3) Pengaruh lingkungan di luar sekolah terhadap siswa SMP N 1 Mirit; 4) Kurangnya pengawasan pihak kepolisian terhadap siswa SMP N 1 Mirit .Ketiga, upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut pada siswa SMP N 1 Mirit Kabupaten Kebumen yaitu: 1) Guru Pendidikan Kewarganegaraan lebih mempelajari lebih mendalam materi tentang lalu lintas ; 2) Memberikan pengarahan terhadap orang tua/ wali siswa SMP N 1 Mirit; 3) Memberikan pembinaan dan bimbingan terhadap siswa SMP N 1 Mirit ; 4) Menegur siswa SMP N 1 Mirit yang melanggar peraturan lalu lintas ; 5) Menyarankan pihak kepolisian untuk memberikan sanksi terhadap siswa SMP N 1 Mirit yang mengendarai sepeda motor.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24001

Actions (login required)

View Item View Item