PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING METHOD) DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DEPOK

Khoiriyah, Ianatul (2012) PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING METHOD) DALAM PEMBELAJARAN PKN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DEPOK. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Skripsi_2012.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok dalam pembelajaran PKn melalui penerapan metode pemecahan masalah (problem solving method). (2) Peningkatan prestasi belajar siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Depok dalam pembelajaran PKn melalui penerapan metode pemecahan masalah (problem solving method) Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Depok dengan jumlah 36 siswa. Penelitian ini berlangsung 2 siklus tiap siklus terdiri dari perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Untuk menganalisis data dari lembar observasi berpikir kritis, pelaksanaan problem solving dan tes rata – rata prestasi belajar siswa menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran problem solving dalam Pendidikan Kewarganegaraan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil observasi peningkatan berpikir kritis dan pelaksanaan problem solving pada siklus ke II dimana semua indikator untuk berpikir kritis siswa dan langkah – langkah penerapan problem solving telah mengalami peningkatan dan mencapai kriteria yang telah ditentukan. Prestasi belajar siswa dalam Pendidikan Kewarganegaraan dapat dilihat dari semakin meningkat prestasi mengalami Peningkatan sebesar 95% setelah diterapkannya metode problem solving pada tiap putaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item View Item