ANALISIS KINERJA KANTOR PENGELOLAAN PASAR NITEN DALAM PENGOPTIMALAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN BANTUL TAHUN 2013

Sigit Nugrahanto, Agung (2014) ANALISIS KINERJA KANTOR PENGELOLAAN PASAR NITEN DALAM PENGOPTIMALAN RETRIBUSI PASAR DI KABUPATEN BANTUL TAHUN 2013. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
halaman depan.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak BI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.ING.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V + DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan, kinerja dan strategi Kantor Pengelolaan Pasar Niten serta mengetahui tanggapan pedagang Pasar Niten tentang kinerja Kantor Pengelolaan Pasar Niten dalam pengoptimalan retribusi pasar di Kabupaten Bantul tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode purposive. Subjek penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1) Lurah Pasar Niten 2) Kepala Seksi Perencanaan dan Pengendalian Kantor Pengelolaan Pasar Kabupaten Bantul 3) Pedagang Pasar Niten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi yang diuji keabsahannya dengan tehnik cross check. Teknik analisis data menggunakan analisa induktif dengan tahapan berupa reduksi, kategorisasi, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kantor Pengelolaan Pasar Niten sangat berperan dalam mengoptimalkan retribusi Pasar Niten. Peran tersebut berupa pengumpulan dana dari pungutan retribusi pasar dan mendukung kelancaran pelaksanaan tugas pungutan retribusi pasar. Dengan menerapkan tarif retribusi sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul No 17 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Pasar. 2) Kinerja Kantor Pengelolaan Pasar Niten dapat dilihat dari lima indikator yaitu kualitas,kuantitas, kejasama, inisiatif serta kehandalan. Dari indikator kualitas, kerjasama, inisiatif serta kehandalan sudah berjalan dengan baik. Tetapi dari segi kuantitas masih belum maksimal hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan dari selisih antara realisasi penerimaan retribusi Pasar Niten dengan target penerimaan retribusi. 3) Strategi Kantor Pengelolaan Pasar Niten dalam Mengoptimalkan Retribusi Pasar dilakukan dengan cara pertama Penertiban sistem administrasi pungutan retribusi dengan baik. Strategi yang kedua pembagian tugas dan pelatihan kepada pedagang dan strategi yang ketiga adalah meningkatkan sistem evaluasi dan pengawasan. 4) Tanggapan pedagang pasar Niten tentang kinerja Kantor Pengelolaan Pasar di Pasar Niten. a) Para pedagang dan pembeli sudah merasa cukup dengan pelayanan maupun penyediaan fasilitas yang ada di Pasar Niten. b) Penarikan retribusi sudah berjalan dengan baik, baik pelayanan yang diberikan dalam mengurus surat ijin menjadi pedagang cukup mudah. c) Petugas pungut tidak pernah melakukan aksi pemaksaan maupun kekerasan dalam proses pemungutan retribusi. d) Kerjasama pegawai dengan pedagang dalam pemungutan juga berjalan baik. Kata kunci: analisis kinerja, retribusi pasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 30 Jul 2015 00:19
Last Modified: 30 Jan 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23987

Actions (login required)

View Item View Item