UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SRANDAKAN

Purwandari, Novita (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SRANDAKAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses IPA yang meliputi keterampilan mengamati, mencoba, menafsirkan, menyimpulkan, mengkomunikasikan, dan menerapkan serta hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri 2 Srandakan setelah mengikuti pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Srandakan sebanyak 34 siswa. Keterampilan proses IPA siswa diukur berdasarkan peningkatan persentase keterampilan proses siswa secara klasikal, sedangkan hasil belajar IPA diukur berdasarkan peningkatan rata-rata serta ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas: lembar observasi keterampilan proses IPA, soal tes hasil belajar IPA, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Dari hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat diketahui bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 Srandakan pada materi perubahan lingkungan fisik. Adapun keterampilan proses IPA meningkat dari kategori kurang (58,75%) ke kategori baik (84,2%). Hasil belajar rata-rata IPA meningkat dari kategori cukup (72,08) ke kategori baik (84,09). Tuntas belajar klasikal meningkat dari kategori kurang sekali (32,3%) ke kategori sangat baik (90,6%). Upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar adalah dengan mengikuti langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran berbasis proyek, yaitu: 1) memperoleh ide, 2) merancang proyek, 3) menyetel proyek, 4) membuat proyek, serta 5) memamerkan proyek. Kata kunci: Pembelajaran berbasis proyek, keterampilan proses IPA, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23977

Actions (login required)

View Item View Item