PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI AKSARA JAWA UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS IV SD N LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA

Zahro, Fatimatuz (2015) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI AKSARA JAWA UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA DI KELAS IV SD N LEMPUYANGAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FATIMATUZ ZAHRO (11108241017).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah sistematis pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa dan mendeskripsikan tingkat validitas media tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R and D) dengan prosedur penelitian menggunakan model Plomp. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan pada tahap preliminary investigation, test, dan implementation. Pada tahap preliminary investigation pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Sedangkan pada tahap test dan implementation dilakukan dengan teknik angket. Validasi materi dan media dilakukan oleh dosen ahli bidang masing-masing sebanyak 1 orang, penilaian praktisi oleh guru kelas IV SD N Lempuyangan 1 Yogyakarta sebanyak 1 orang, dan uji coba produk dilakukan pada siswa kelas IV SD N Lempuyangan 1 Yogyakarta sebanyak 28 siswa. Hasil dari penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan sebagai data tahap preliminary investigation. Data kuantitatif digunakan sebagai data tahap test dan implementation. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan kriteria minimal perolehan skor yaitu > 3,36 (kriteria baik). Kriteria minimal digunakan sebagai pengambilan keputusan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan. Langkah-langkah yang dilakukan pada penelitian ini yaitu preliminary investigation, design, realization, test, evaluation, revision, dan implementation. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor 4,8 (kriteria sangat baik). Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor 4,3 (kriteria sangat baik). Penilaian media oleh praktisi memperoleh skor 4,0 (kriteria baik). Hasil uji coba media memperoleh skor 4,41 (kriteria sangat baik). Kata kunci : Media, Monopoli, Aksara Jawa, Siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23976

Actions (login required)

View Item View Item