UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JETIS KEMANGKON PURBALINGGA

Hutomo, Trias Jati Probo (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 JETIS KEMANGKON PURBALINGGA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Trias Jati Probo Hutomo_11108241081.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui pembelajaran dengan model Numbered Heads Together pada siswa kelas IV SD N 2 Jetis, Kemangkon, Purbalingga Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Jetis, Kemangkon, Purbalingga sebanyak 21 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart yang berisi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur hasil belajar IPA, lembar observasi, dan skala motivasi untuk mengukur motivasi belajar IPA. Jenis analisis data yang digunakan adalah analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Langkah-langkah dalam pembelajaran dengan model Numbered Heads Together ada empat tahapan yaitu penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama, dan menjawab. Jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar IPA mencapai skor ≥60 pada saat kondisi awal adalah 3 siswa (14,29%) dan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 61,43 dengan jumlah siswa yang telah mencapai KKM sejumlah 7 siswa (33,33%). Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Numbered Heads Together pada siklus I jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar IPA mencapai skor ≥60 meningkat menjadi 10 siswa (47,62%) dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 73,1 dengan jumlah siswa yang telah mencapai KKM yaitu 13 siswa (61,9%). Perbaikan dilakukan dari siklus I ke siklus II yaitu pada tahap berpikir bersama, jumlah siswa yang memiliki motivasi belajar IPA mencapai skor ≥60 meningkat menjadi 18 siswa (85,71%) dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 89,5 dengan jumlah siswa yang telah mencapai KKM yaitu 19 siswa (90,48%). Berdasarkan hasil tersebut penelitian dinyatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian yaitu ≥70% dari keseluruhan siswa kelas IV SD Negeri 2 Jetis memiliki motivasi belajar IPA ≥60 dan ≥70% dari keseluruhan siswa telah mencapai KKM yaitu ≥70, kemudian penelitian dihentikan. Kata kunci : Motivasi, Hasil Belajar IPA, Numbered Heads Together

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23975

Actions (login required)

View Item View Item