KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA DAN STATUS KONDISI FISIK SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SD MUHAMMADIYAH BLAWONG I KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL

Edi Hartanto (2015) KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA DAN STATUS KONDISI FISIK SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER DI SD MUHAMMADIYAH BLAWONG I KECAMATAN JETIS KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Edi Hartanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penguasaan Keterampilan dasar sepakbola dan kondisi fisik siswa yangmengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Blawong I belumsepenuhnya dikuasai dengan benar. Hal ini yang mendasari peniliti untukmelakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keterampilan dasar bermain sepakbola siswa yang mengikuti ekstrakurikuler diSD Muhammadiyah Blawong I Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan menggunakan pedoman pengukuranketerampilan dasar sepakbola usia 10 -12 tahun menurut Daral Fauzi R sebagai berikut; test shooting, dribbling, running with the ball, throw in, heading,, shortpassed. Sedangkan kondisi fisik menggunakan pedoman pengukuran TKJI usia10-12 tahun dengan tes lari 40 meter, lari 600 meter, lari zig-zag, dan lompat jauhtanpa awalan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kegiatanekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Blawong I Kecamatan Jetis KabupatenBantul yang berjumlah 25 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif denganpersentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa Keterampilan Dasar Sepakbola Siswa yangmengikuti Ekstrakurikuler di SD Muhammadiyah Blawong Kecamatan Jetis,Kabupaten Bantul yaitu sebanyak 0 siswa (0.00%) kurang sekali, 2 siswa (8.00%) kurang, 18 siswa (72%) sedang, 5 siswa (20.00%) baik, dan 0 siswa (0,00%) baik sekali. Frekuensi terbanyak terletak pada interval 323 – 400 maka Keterampilan Dasar Sepakbola Siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler di SD MuhammadiyahBlawong Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul secara keseluruhan adalah Sedang. Sedangkan kondisi fisik Siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler di SDMuhammadiyah Blawong Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul sebanyak 1 siswa(4.00%) kurang sekali, 7 siswa (28.00%) kurang, 12 siswa (48.00%) sedang, 5 siswa (20.00%) baik, dan 0 siswa (0.00%) baik sekali. Frekuensi terbanyakterletak pada interval 192.34 – 224.00 maka Kondisi Fisik Siswa yang mengikutiEkstrakurikuler di SD Muhammadiyah Blawong Kecamatan Jetis, KabupatenBantul adalah sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Dasar Sepakbola, Ekstrakurikuler, Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23971

Actions (login required)

View Item View Item