Rahmawati, Yuni (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 DELANGGU KLATEN. S1 thesis, Univesitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan keterampilan menulis teks eksplanasi antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Delanggu Klaten yang mengikuti pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model induktif kata bergambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model konvensional, (2) keefektifan penggunaan model induktif kata bergambar dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kelas VII SMP Negeri 1 Delanggu Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain pretest – posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan model induktif kata bergambar dan variabel terikat berupa keterampilan menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas kelas VII SMP Negeri 1 Delanggu Klaten. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas XE sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis teks eksplanasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas instrumen Alpha Cronbach. Hasil uji reliabilitas diperoleh r = 0,916. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor postes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai-t sebesar 4.013 dengan df 68 dan Sig. (2-tailed) 0,000. Nilai Sig. (2-tailed) yang sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,009<0.050). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks eksplanasi antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Delanggu Klaten yang mengikuti pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model induktif kata bergambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan model konvensional. Setelah dilakukan uji-t pretes-postes masing-masing kelompok, terlihat bahwa selisih rata-rata skor pretes dan postes pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (78,05 > 72,94). Hal ini menunjukkan bahwa model induktif kata bergambar efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi siswa kelas kelas VII SMP Negeri 1 Delanggu Klaten.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 07:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:27 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23962 |
Actions (login required)
View Item |