Sulistyaningtyas, Lilis (2011) PENINGKATAN PARTISIPASI AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 KARANGNONGKO. S1 thesis, UNY.
Text
ABSTRAK.rtf Download (42kB) |
|
Text
BAB I.rtf Download (94kB) |
|
Text
BAB II.rtf Download (355kB) |
|
Text
BAB III.rtf Download (220kB) |
|
Text
BAB V.rtf Download (59kB) |
|
Text
Cover.rtf Download (303kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.rtf Download (47kB) |
|
Text
BAB IV.rtf Download (23MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.rtf Download (117kB) |
|
Text
daftar lampiran.rtf Download (41kB) |
|
Text
daftar pustaka.rtf Download (61kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.rtf Download (64kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.rtf Download (50kB) |
|
Text
LAMPIRAN.rtf Download (63kB) |
|
Text
MOTTO.docx Download (13kB) |
|
Text
PENGESAHAN.rtf Download (47kB) |
|
Text
PERSETUJUAN.rtf Download (36kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi aktif dan prestasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PKN dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktek pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Karangnongko yang partisipasi aktif dan prestasi belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah atau kurang dari 75 sesuai dengan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dari hasil lembar observasi partisipasi aktif dan nilai rata-rata kelas mengunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan partisipasi aktif dan prestasi belajar siswa. Pada Siklus I hanya (1) indikator yang menunjukkan kategori sangat tinggi naik menjadi (9) indikator pada siklus II, kategori tinggi (14) indikator pada siklus I dan (4) indikator pada siklus II, sedangkan kategori sedang dan kategori rendah tidak ada pada tiap siklus. Dari hasil peningkatan tersebut maka dapat dikatakan bahwa penerapan media gambar sudah dapat dikatakan meningkatkan partisipasi aktif siswa karena sudah memenuhi kategori partisipasi yang telah ditentukan. Peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dari Siklus I rata-rata yang diperoleh (61,18) naik menjadi rata-rata (77,5) pada siklus II. Dari rata-rata tersebut dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata (16,32) dari siklus I ke siklus II. Dari hasil peningkatan tersebut maka dapat dikatakan bahwa penerapan media gambar sudah dapat dikatakan meningkatkan prestasi belajar siswa karena sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal siswa yg diterapkan yaitu 70.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum |
Depositing User: | Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS |
Date Deposited: | 30 Jul 2015 00:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:26 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23954 |
Actions (login required)
View Item |