PENGARUH BERMAIN MELEMPAR SHUTTLECOCK TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMK YPKK 1 SLEMAN

Nancy Wida Wijaya (2015) PENGARUH BERMAIN MELEMPAR SHUTTLECOCK TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMK YPKK 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Nancy Wida Wijaya.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses latihan yang menjenuhkan sehingga perlu adanya variasi latihan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain melempar shuttlecock terhadap peningkatkan kelincahan peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMK YPKK 1 SLEMAN. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler Bulutangkis adalah 24 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah shuttle run test. Teknik analisis data menggunakan uji-t before-after (sebelum-sesudah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara bermain melempar shuttlecock terhadap kelincahan peserta ekstrakurikuler SMK YPKK 1 Sleman. Hal itu dibuktikan dengan diperolehnya signifikasi t hitung sebesar 25,280 > 2,06 (t-tabel). (2) Besarnya rerata setelah diberikan latihan Bermain Melempar Shuttlecock meningkat sebesar 11,22%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bermain, kelincahan, bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23948

Actions (login required)

View Item View Item