PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BATIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Pertiwi, Dessy Eka (2015) PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL BATIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
full.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran muatan lokal batik di kelas VIII D SMP Negeri 3 Mlati Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berkaitan dengan beberapa hal sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran muatan lokal batik; (2) pelaksanaan pembelajaran muatan lokal batik; dan (3) evaluasi pembelajaran muatan lokal batik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah sendiri (human instrument), dengan bantuan instrumen lain seperti pedoman wawancara, observasi, dokumentasi, dan alat bantu handphone, alat tulis, dan kamera. Untuk memeriksa keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan/keajegan, dan triangulasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, pemeriksaan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran muatan lokal batik diawali dengan menyiapkan silabus, membuat RPP, menyiapkan sumber belajar, menyiapkan sarana dan prasarana, media, merancang metode, kegiatan pembelajaran, dan penilaian; (2) pelaksanaan pembelajaran muatan lokal batik dilaksanakan setiap hari senin dan dilakukan sebanyak empat belas tatap muka, dengan rincian setiap tatap muka diawali kegiatan pendahuluan (yang terdiri dari kegiatan doa, salam, motivasi dan menanyakan materi minggu sebelumnya), kegiatan inti (yang terdiri eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), kegiatan penutup (diantaranya evaluasi pada saat pembelajaran selesai, memberikan tugas, memberikan informasi materi minggu depan, salam); (3) evaluasi pembelajaran muatan lokal batik, dilakukan pada saat pembelajaran selesai, memberikan tugas, memberikan informasi materi minggu depan. Dalam aspek penilaian yang dilakukan guru dititik beratkan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tindak lanjut dari penilaian di bawah KKM, guru melakukan program pengayaan dan remedial.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, batik, muatan lokal
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23944

Actions (login required)

View Item View Item