PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERSONAL DAN SOCIAL SKILL BAGI ANAK JALANAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dr. Aman, M.Pd. and Ngadirin, Setiawan, M. S. and Lia Yuliana, M.Pd (2013) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PERSONAL DAN SOCIAL SKILL BAGI ANAK JALANAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Artikel Penelitian Unggulan PT.

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN PAK AMAN unggulan PT 26 November 2013.docx

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui bagaimana langkah-langkah pengembangan model pendidikan karakter sebagai upaya peningkatan Personal dan Social Skill bagi Anak Jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta, 2) mengetahui bagaimana efektivitas model pendidikan karakter dalam meningkatkan personal dan social skill bagi anak jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: (1) tahap pendahuluan yang merupakan tahap penelitian awal dan pengumpulan informasi eksistensi anak jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) tahap perencanaan model pendidikan karakter bagi dan Anak Jalanan sebagai pengembangan bentuk produk awal, (3) tahap uji coba, evaluasi dan revisi melalui pembelajaran praktik peningkatan personal dan social skill, dan (4) tahap implementasi pendidikan karakter bagi dan Anak Jalanan sebagai upaya peningkatan personal dan social skill yang akan dilaksanakan secara operasional pada tahun ke-2 2014. Jumlah anak jalanan yang dijadikan sampel sebanyak 25 anak jalanan yang berada di bawah manajemen Yayasan Rumah Singgah Girlan Nusantara di Sleman. Penetapan kelompok anak jalanan dilakukan secara purposive dan dengan cara menanyakan langsung kepada calon peserta secara sosiogram, dan menanyakan pada manajemen rumah singgah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik FGD, angket, wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Validitas data menggunakan validasi ahli, sedangkan keabsahan data kualitatif dengan teknik triangulasi sumber, teori, dan metode. Analisis data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan data kualitatif dengan model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) langkah-langkah pengembangan model pendidikan karakter sebagai upaya peningkatan Personal dan Social Skill bagi Anak Jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah melalui: a) studi pendahuluan untuk mengkonstruksi kerangka teoritik, b) merencanakan dan menyusun model pendidikan karakter beserta perangkatnya melalui FGD dan validasi ahli, c) melakukan uji coba terbatas, evaluasi dan revisi model. 2) Melalui uji coba terbatas pada 25 anak jalanan di Rumah Singgah Girlan Nusantara model pendidikan karakter dalam meningkatkan personal dan social skill bagi anak jalanan di Daerah Istimewa Yogyakarta, menunjukkan model yang dikembangkan efektif. Uji coba model menunjukkan bahwa penerapan model LPM menunjukkan hasil yang signifikan di mana ada perubahan personal dan social skill anak jalanan sebelum dan sesudah pelaksanan pembelajaran. Rerata skor personal skill sebelum pelatihan adalah 3,28 sedangkan skor setelah pelatihan adalah 3,48.

Item Type: Article
Additional Information: LAPORAN PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI 2013
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, personal dan social skill, dan Anak Jalanan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 28 Jul 2015 04:36
Last Modified: 28 Jul 2015 04:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23935

Actions (login required)

View Item View Item