PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PADA MATA DIKLAT TEORI PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA (PSPT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Agus, Tursiyadi (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PADA MATA DIKLAT TEORI PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA (PSPT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AGUS TURSIYADI 11504244011.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PADA MATA DIKLAT TEORI PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA (PSPT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA Oleh: Agus Tursiyadi NIM. 11504244011 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media modul dengan siswa yang pembelajarannya tidak menggunakan media modul pada mata diklat teori pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dengan jumlah 88 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling yaitu kelas XI TKR 2 dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TKR 3 dengan jumlah 29 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes. Metode pengujian hipotesis yang digunakan adalah Analisis Uji-t dengan signifikansi (α) 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul pembelajaran berdampak positif terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada perolehan rata-rata nilai posttest kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 8,47 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 6,53. Dari hasil analisis Uji-t nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 17,49>1,6725, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran dan siswa yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran. Kata kunci: Modul Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:20
Last Modified: 30 Jan 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23918

Actions (login required)

View Item View Item