PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK PERMAINAN EDUKASI AKUNTANSI CARI KATA (ACAK) DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS5 UNTUK PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KOMPETENSI DASAR ASET TETAP DI KELAS XI AKUNTANSI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

SAIDAH, INTAN NUR (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK PERMAINAN EDUKASI AKUNTANSI CARI KATA (ACAK) DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS5 UNTUK PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KOMPETENSI DASAR ASET TETAP DI KELAS XI AKUNTANSI SMK YPE SAWUNGGALIH KUTOARJO TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK), dan 2) mengetahui kelayakan Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK) sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian peserta didik pada uji coba perorangan, peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan peserta didik pada uji coba lapangan, ahli materi, penilaian ahli media dan penilaian praktisi pembelajaran Akuntansi Keuangan SMK. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK YPE Sawunggalih kelas XI jurusan Akuntansi, ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Akuntansi Keuangan SMK dan objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran berbentuk Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK). Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner skala 5 dengan analisis data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK) adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian 1) pengembangan media pembelajaran Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK) dengan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation (ADDIE) dan 2) hasil kelayakan uji coba perorangan termasuk kategori Baik dan Sangat Layak (83,49%), uji coba kelompok kecil termasuk kategori Baik dan Sangat Layak (87,74%), uji coba lapangan termasuk kategori Baik dan Sangat Layak (81,14%), ahli materi termasuk kategori Sangat Baik dan Sangat Layak (93,91%), ahli media termasuk kategori Sangat Baik dan Sangat Layak (91,25%), Praktisi pembelajaran Akuntansi Keuangan SMK termasuk kategori Baik dan Sangat Layak (85,92%). Berdasarkan hasil penilaian dari keenam tahapan maka media pembelajaran Permainan Edukasi Akuntansi Cari Kata (ACAK) dinyatakan Sangat Layak (86.31%) untuk digunakan sebagai media pembelajaran Akuntansi pada kompetensi dasar Aset Tetap kelas XI Akuntansi SMK YPE Sawunggalih. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Permainan Edukasi, Akuntansi Cari Kata (ACAK)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23916

Actions (login required)

View Item View Item