KEEFEKTIFAN TEKNIK BRAINWRITING DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEWON BANTUL DIY

Azizah, Tiara (2015) KEEFEKTIFAN TEKNIK BRAINWRITING DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SEWON BANTUL DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Keefektifan Teknik Brainwriting dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sewon, Bantul, DIY” bertujuan untuk mengetahui perbedaan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi antara pembelajaran memproduksi teks eksplanasi yang menggunakan teknik brainwriting dengan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi yang tidak menggunakan teknik brainwriting pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sewon, Bantul, DIY. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan teknik brainwriting dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sewon, Bantul, DIY. Teknik brainwriting digunakan karena dapat memudahkan siswa dalam memperoleh ide atau gagasan untuk memproduksi teks eksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan control group pretestt-posttest design. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan teknik brainwriting dan pembelajaran memproduksi teks eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sewon. Sampel penelitian adalah kelas VIIE dan VIIH. Teknik pengumpulan data menggunakan tes memproduksi teks eksplanasi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji-t dengan memperhatikan syarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada skor tes akhir memproduksi teks eksplanasi siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen yang lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol. Niai rata-rata kelompok eksperimen 9,77; sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol 4,56. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penghitungan uji-t skor tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen menunjukkan th: 15,990 dan p: 0,000. Nilai p < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik brainwriting efektif digunakan pada pembelajaran memproduksi teks eksplanasi. Berdasarkan hasil tersebut, maka teknik brainwriting efektif digunakan pada pembelajaran memproduksi teks eksplanasi di kelas VII SMP Negeri 1 Sewon, Bantul, DIY.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23915

Actions (login required)

View Item View Item