PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KONDISI GEOGRAFIS DAN PENDUDUK KELAS VII B DI SMP N 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Kristyaswati, Rena (2014) PENERAPAN METODE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KONDISI GEOGRAFIS DAN PENDUDUK KELAS VII B DI SMP N 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkasan.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelasVII B SMP N 2 Depok dengan menerapkan metode Student Facilitator and Explaining karena keaktifan siswa di kelas tersebut masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 2 Depok sebanyak 32 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Dalam satu siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan catatan lapangan. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan triangulasi metode. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase indikator keaktifan siswa mencapai 75% pada pembelajaran IPS. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII B SMP N 2 Depok. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase indikator keaktifan siswa setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata persentase indikator keaktifan siswa berdasarkan triangulasi metode, hasil observasi, angket dan wawancara keaktifan siswa adalah 70%. Pada siklus II persentase indikator keaktifan siswa berdasarkan triangulasi metode, hasil observasi, angket dan wawancara keaktifan siswa persentasenya menjadi 77%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator keaktifan siswa kelas VII B SMP N 2 Depok telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:17
Last Modified: 30 Jan 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23910

Actions (login required)

View Item View Item