Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) IPS Berbasis Pendekatan Saaintifik Tema Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan untuk SMP Kelas VIII

Kurniatin, Isna (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) IPS Berbasis Pendekatan Saaintifik Tema Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan untuk SMP Kelas VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11416241002.swf - Accepted Version

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan LKS IPS berbasis pendekatan saintifik dengan tema Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan sebagai pendukung dalam pembelajaran IPS kelas VIII SMP; 2) Mengetahui kelayakan LKS IPS berbasis pendekatan saintifik dengan tema Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan guru IPS serta uji coba lapangan pada peserta didik kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahapan pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk 10) produksi terbatas. Pada penelitian ini tidak sampai pada produksi massal. Produk bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Setelah melalui tahap validasi, kemudian dilakukan revisi tahap I. Selanjutnya divalidasi oleh guru IPS, kemudian dilakukan revisi tahap II. Setelah revisi tahap II, kemudian dilakukan uji coba lapangan pada peserta didik kelas VIII B di SMP N 3 Kalasan. Uji coba terbatas dilakukan pada kelas VIII yang berjumlah 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner/angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dikonversikan dengan Skala Likert, untuk menentukan kategori kelayakan LKS berbasis pendekatan saintifik. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa LKS IPS berbasis pendekatan saintifik dengan tema Keragaman Sosial Budaya dalam Pembangunan untuk peserta didik kelas VIII. Secara umum LKS IPS berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan validasi oleh para ahli dan guru IPS serta uji coba pada peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan validasi ahli materi sebesar 175 dari skor maksimal 184 atau Sangat Baik, ahli media sebesar 92 dari skor maksimal 120 atau Sangat Baik, guru IPS sebesar 154 dari skor maksimal 200 atau Sangat Baik dan respon peserta didik sebesar 99,23 dari skor maksimal 120 atau Sangat Baik. Kata kunci : LKS, IPS, Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 28 Jul 2015 01:18
Last Modified: 30 Jan 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23909

Actions (login required)

View Item View Item