PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL KIRIGAMI POP UP DENGAN MATERI POTENSI DAN SEBARAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SMP KELAS VII

Nur Widalatika, Vladina (2014) PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL KIRIGAMI POP UP DENGAN MATERI POTENSI DAN SEBARAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA UNTUK PEMBELAJARAN IPS DI SMP KELAS VII. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER RINGKASAN.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui cara mengembangkan media visual Kirigami Pop Up dengan Materi Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia untuk pembelajaran IPS di SMP kelas VII dan mengetahui kelayakan media visual Kirigami Pop Up sebagai media pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development. Subjek penelitian ini seorang guru IPS dan 29 siswa kelas VII SMP Negeri 8 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian validator serta lembar uji penggunaan. Teknik analisis deskriptif sesuai prosedur pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan cara mengembangkan media visual Kirigami Pop Up dengan materi Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia untuk pembelajaran IPS di SMP kelas VII, yaitu: 1) mengkaji KI-KD dan materi Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia; 3) merumuskan cara pembuatan secara teknis, yaitu memotong kertas ivory A3 menjadi A4, menjahit bagian tengah media menggunakan benang, mendesain, menempel background, merangkai konstruksi pop up, menjilid harcover; 4) membuat draft media visual Kirigami Pop Up, termasuk memilih gambar dan menentukan enam sub-bab materi; 5) menyelesaikan media visual Kirigami Pop Up, 6) melakukan validasi media dan revisi; 7) uji penggunaan media oleh guru dan siswa; 8) penyempurnaan produk. Penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPS. Hasil validasi ahli materi 4,05; hasil validasi ahli media 4,4; uji penggunaan media oleh guru 3,9; uji penggunaan media oleh siswa 4,34. Dari hasil tersebut, terlihat bahwa media visual Kirigami Pop Up layak digunakan untuk pembelajaran IPS dengan kualitas yang baik. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Media Visual Kirigami Pop Up

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:16
Last Modified: 30 Jan 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23908

Actions (login required)

View Item View Item