PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN SMK N 1 MAGELANG PADA MATA PELAJARAN AUTOCAD

Mukhlis, Setiyono (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN SMK N 1 MAGELANG PADA MATA PELAJARAN AUTOCAD. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Mukhlis Setiyono 11503241002.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN SMK N 1 MAGELANG PADA MATA PELAJARAN AUTOCAD Oleh : Mukhlis Setiyono 11503241002 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pengaruh Team Based Learning terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Mesin SMK N 1 Magelang dalam pelajaran AutoCAD dasar; (2) Mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran AutoCAD dasar antara kelas yang diberi strategi Team Based Learning dengan kelas yang diberi strategi pembelajaran ceramah dan ilustrasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2014 di SMK N 1 Magelang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MA sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas XI MB sebagai kelas kontrol sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, tes dilakukan dua kali yaitu pada awal pembelajaran (Pre-test) dan akhir pembeajaran (Post-test). Hasil penelitian ini adalah: (1) Ada pengaruh positif dan signifikan penerapan strategi pembelajaran Team Based Learning terhadap prestasi siswa dalam mata pelajaran AutoCAD dasar, peranguh strategi pembelajaran ini dapat dilihat dari selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test yaitu sebesar 39,53 dan pada uji hipotesis menunjukkan Zhitung (4331,31) < Ztabel (1,96); (2) Ada perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Team Based Learning dengan strategi pembelajaran ceramah dan ilustrasi pada mata pelajaran AutoCAD dasar, pada analisis uji hipotesis didapatkan Zhitung (5105) < Ztabel (1,96). Kata kunci : Team Based Learning (TBL), Computer Aided Design (CAD).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 28 Jul 2015 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23906

Actions (login required)

View Item View Item