PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP IPS DI KELAS VII D SMP NEGERI 3 PAJANGAN

Utami, Isti (2015) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP IPS DI KELAS VII D SMP NEGERI 3 PAJANGAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11416241013.swf - Accepted Version

Download (7MB)
[img] Text (FIS Digital)
SKRIPSI 11416241013.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan terkait dengan rendahnya minat belajar dan pemahaman konsep IPS di kelas VII D SMP Negeri 3 Pajangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: upaya dan hasil peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep IPS dengan menerapkan metode outdoor study kelas VII D SMP Negeri 3 Pajangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan (plan); tindakan dan observasi (act and observe); dan refleksi (reflect). Subjek penelitian adalah kelas VII D SMP Negeri 3 Pajangan yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan tes pemahaman konsep. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila persentase nilai rata-rata hasil observasi, wawancara dan angket minat belajar mencapai ≥76%, dan nilai rata-rata tes pemahaman konsep mencapai KKM yakni >75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep IPS dengan menerapkan metode outdoor study dilaksanakan dengan tahap pra kegiatan, pendahuluan, pengembangan, penerapan dan penutup. (2) Hasil peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep IPS ditunjukkan dengan meningkatnya: (a) Berdasarkan angket minat belajar siswa siklus I ke siklus II dari 21 (70%) siswa meningkat menjadi 27 (90%) siswa, berdasarkan observasi minat belajar siklus I ke siklus II dari 28,33% siswa meningkat menjadi 78,33% siswa, berdasarkan wawancara siklus I ke siklus II dari indikator ketertarikan 17 (53,12%) siswa meningkat menjadi 27 (84,37%) siswa, indikator keinginan 20 (62,50%) siswa meningkat menjadi 24 (75%) siswa, indikator perhatian 23 (71,87%) siswa meningkat menjadi 24 (75%) siswa dan indikator keaktifan 17 (53,12%) siswa meningkat menjadi 25 (78.12%) siswa, sehingga berdasarkan hasil observasi, wawancara dan angket minat belajar telah mencapai kriteria ketuntasan ≥76%. (b) Berdasarkan tes pemahaman konsep diketahui siswa yang mencapai KKM >75 siklus I sebesar 19 (63,33%) siswa di siklus II meningkat menjadi 25 (83,33%) siswa. Kata Kunci : Metode Outdoor Study, Minat Belajar, Pemahaman Konsep IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 28 Jul 2015 00:58
Last Modified: 26 Oct 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23903

Actions (login required)

View Item View Item