PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS MASALAH PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Eviana, Deni (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS MASALAH PADA MATERI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. Halaman depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkasan.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran Lengkap.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis masalah serta mengetahui tingkat kelayakan LKS berbasis masalah berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, dan guru IPS, serta mengetahui tanggapan siswa kelas VII melalui uji coba lapangan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena LKS berbasis masalah belum banyak dikembangkan di sekolah. Selain itu belum banyak dikembangkan bahan ajar sesuai dengan kurikulum 2013 yang menerapkan pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahapan pengembangan dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu: pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk (desain produk), serta uji lapangan dan revisi produk akhir. Pada tahap uji lapangan dan revisi produk akhir, produk LKS berbasis masalah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian dilakukan revisi tahap I, selanjutnya divalidasi oleh Guru IPS, kemudian dilakukan revisi tahap II. Setelah revisi tahap II, kemudian dilakukan uji coba lapangan pada siswa kelas VII di SMPN 1 Wonosari. Uji coba lapangan terbatas pada kelas VIIF yang berjumlah 20 siswa. SMPN 1 Wonosari dijadikan sasaran penelitian dan pengembangan ini karena SMP tersebut sudah menerapkan Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berupa angket. Data hasil penilaian tersebut dikonversikan dengan skala likert, untuk menentukan kategori kelayakan LKS berbasis masalah. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa LKS berbasis masalah dengan judul “Memecahkan Masalah Lingkungan”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis masalah dengan judul “Memecahkan Masalah Lingkungan” pada materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan untuk Siswa kelas VII SMP layak untuk digunakan. Hasil tersebut berdasarkan pada hasil validasi a) ahli materi sebesar 4,36 atau Sangat Baik, b) ahli media sebesar 3,725 atau Baik, c) Guru sebesar 3,96 atau Baik, dan d) respon siswa sebesar 4,244 atau Sangat Baik. Berdasarkan penjelasan tersebut, secara umum LKS berbasis masalah pada materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan untuk siswa kelas VII telah layak digunakan. Kata Kunci : LKS, berbasis masalah, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:15
Last Modified: 30 Jan 2019 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item View Item