KREATIVITAS GURU IPS DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Kuncara, Iwan (2014) KREATIVITAS GURU IPS DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kreativitas Guru IPS dalam menggunakan media pembelajaran , 2) kreativitas Guru IPS dalam menyediakan media pembelajaran 3) kendala-kendala yang dihadapi guru IPS dalam menggunakan media pembelajaran, 4) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menyediakan media pembelajaran IPS, 5) upaya-upaya guru IPS dalam menyikapi kendala-kendala dalam menggunakan media pembelajaran, 6) upaya-upaya guru dalam menyikapi kendala-kendala yang dihadapi oleh Guru IPS dalam menyediakan media pembelajaran di SMP Negeri se-kecamatan Ngaglik Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan teknik population, sehingga subjek penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah dan guru IPS di SMP Negeri kecamatan Ngaglik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kreativitas guru IPS dalam menggunakan media pembelajaran IPS meliputi: media gambar, media 3D, power point, film dan CD pembelajaran, main mapping, dan sebagainya, 2) kreativitas guru IPS dalam menyediakan media pembelajaran dengan cara membeli dan membuat, 3) kendala yang dihadapi guru adalah kemampuan guru dalam menguasai media masih kurang, terbatasnya media pembelajaran, penyimpanan dan perawatan media belum tepat, 4) Kendala yang dihadapi dalam menyediakan media adalah terbatasnya alokasi anggaran, guru kesulitan dalam membuat media pembelajaran, 5) upaya yang dilakukan untuk menyikapi kendala dalam menggunakan media pembelajaran IPS yaitu guru banyak berlatih membuat dan mengunakan alat peraga, berkoordinasi dengan guru lain, sering mengikuti pelatihan media pembelajaran, 6) upaya menyikapi kendala dalam menyediakan media pembelajaran yaitu menyusun rencana kebutuhan media pembelajaran, membuat media sendiri sesuai dengan kebutuhan, memberi tugas siswa membuat media pembelajaran, dan sebagainya. Kata kunci: Kreativitas, Media Pembelajaran, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:15
Last Modified: 30 Jan 2019 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23896

Actions (login required)

View Item View Item