DAMPAK PROGRAM KORAN IBU BAGI WARGA BELAJAR PEREMPUAN DI RUMAH BELAJAR NUR’AINI DESA JERUKSARI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Wuri Fitriana, Wuri (2015) DAMPAK PROGRAM KORAN IBU BAGI WARGA BELAJAR PEREMPUAN DI RUMAH BELAJAR NUR’AINI DESA JERUKSARI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi_wuri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Pelaksanaan program koran ibu yang diselenggarakan oleh Rumah Belajar Nur’aini; (2) Hasil program koran ibu bagi warga belajar perempuan program koran ibu di Rumah Belajar Nur’aini; (3) Dampak program koran ibu bagi warga belajar perempuan di Rumah Belajar Nur’aini. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara sekaligus sebagai fasilitator dalam program koran ibu di Rumah Belajar Nur’aini dan sasaran program yaitu ibu-ibu warga belajar perempuan sekitar Wonosari di Rumah Belajar Nur’aini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedomanwawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi, dan penarikan kesimpulan. Trianggulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai nara sumber dan triangulasi metode dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan isi suatu dokumen dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program koran ibu yang dilaksanakan oleh Rumah Belajar Nur’aini meliputi tahap persiapan dan pelaksanaan (sosialisasi, jurnalistik, kecakapan hidup, praktek lapangan, dan pendampingan). (2) Hasil pelaksanaan program koran ibu adalah warga belajar dapat menulis tulisan deskriptif, peka terhadap lingkungan sosial, pengetahuan berwirausaha, dan sebagai sarana untuk meningkatkan kecakapan hidup. (3) Dampak program koran ibu secara rinci terdiri dari dampak politik, sosial, ekonomi, pemberdayaan perempuan adanya penambahan pengetahuan tentang ibu-ibu rumah tangga berupa pengetahuan dan keterampilan. Kata kunci: dampak program, koran ibu, perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item View Item