PERSEPSI MAHASISWA IPS TERHADAP PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI JURUSAN PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Murwati, Eni (2014) PERSEPSI MAHASISWA IPS TERHADAP PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI JURUSAN PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. Halaman Depan.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Ringkasan.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa IPS disiapkan agar setelah lulus kuliah dapat menjadi Guru IPS yang berkarakter, salah satunya memiliki karakter wirausaha seperti mandiri, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, dan jujur. Karakter ini dapat terbentuk melalui pembelajaran kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa IPS terhadap pembelajaran kewirausahaan. Pembelajaran kewirausahaan di Jurusan Pendidikan IPS terdiri dari pembelajaran secara teori dan praktik. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UNY angkatan 2011 dan 2012 yang berjumlah 176 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sedangkan perhitungan pengambilan sampel berdasarkan tabel acuan pengambilan sampel Isaac dan Michael. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner dan wawancara. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa IPS terhadap pembelajaran kewirausahaan pada kategori sangat baik sebesar 10%, baik sebesar 49%, kategori cukup sebesar 36%, dan kategori kurang sebesar 5%. Kesimpulan untuk masing-masing indikator dapat dirinci sebagai berikut: (1) Persepsi terhadap pembelajaran kewirausahaan secara teori pada kategori sangat baik sebesar 10%, baik sebesar 36%, dan kategori cukup sebesar 48%, sedangkan kategori kurang sebesar 6%; (2) Persepsi mahasiswa IPS terhadap pembelajaran kewirausahaan secara praktik sebesar 23% pada kategori sangat baik, kategori baik sebesar 58%, dan kategori cukup sebesar 16%, sedangkan kategori kurang sebesar 3%. Persepsi mahasiswa IPS terhadap pembelajaran kewirausahaan sudah pada kategori baik. Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa IPS, Pembelajaran Kewirausahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:14
Last Modified: 30 Jan 2019 01:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23886

Actions (login required)

View Item View Item