PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI VOCATIONAL SKILLS DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL

Faqih Muhammad, Faqih (2015) PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI VOCATIONAL SKILLS DI PONDOK PESANTREN AN-NUR NGRUKEM SEWON BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemberdayaan santri melalui vocational skills di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem. 2) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pemberdayaan santri melalui vocational skills di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah pengurus Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem, pelatih kegiatan pemberdayaan santri melalui vocational skills, dan santri Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Pemberdayaan santri melalui vocational skills merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para santri yang ada di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem. Tuntutan zaman yang semakin kompleks dan maju menjadi latar belakang dari pelaksanaan pemberdayaan santri melalui vocational skills tersebut. Adapun bentuk layanan yang diberikan yaitu: pelatihan hadroh dan qosidah, pelatihan karya tulis, pelatihan kaligrafi, pengelolaan mini market, pelatihan kerajinan tangan, pelatihan komputer atau desain, dan pengelolaan sampah. Hasil dari pemberdayaan santri melalui vocational skills terlihat dengan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan beserta karya-karya santri yang sudah dihasilkan. 2) Faktor pendukung pemberdayaan santri melalui vocational skills di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem antara lain: dukungan pengurus, sumber daya BUMP, subsidi dari Pondok Pesantren, dan adanya donatur-donatur dari luar Pondok Pesantren. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah: pengoptimal fasilitas yang belum maksimal, kurangnya pelatih profesional, dan masih kurangnya minat dari para santri. Kata Kunci: Pemberdayaan, Santri, Vocational Skills, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23885

Actions (login required)

View Item View Item