KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGLUWAR MAGELANG, JAWA TENGAH

Rahmawati, Erina (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGLUWAR MAGELANG, JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngluwar yang mengikuti pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan statategi Think Talk Write (TTW) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks ulasan tanpa menggunakan stategi Think Talk Write (TTW), (2) keefektifan penggunaan strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 1 Ngluwar Magelang. Strategi TTW dipilih karena, strategi ini membantu mengembangkan tulisan siswa dengan lancar dan melatih berbahasa dengan lancar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain prates-pascates control group design. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan strategi Think Talk Write (TTW) dan variabel terikat berupa keterampilan menulis teks ulasan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ngluwar Magelang. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sample. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pascates antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks ulasan yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi TTW dan yang mengikuti pembelajaran tanpa strategi TTW. Setelah dilakukan uji-t prates-pascates masing- masing kelompok, terlihat bahwa selisih rata-rata skor prates dan posttes kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol. Kenaikan rata-rata pascates kelompok eksperimen (9,86) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (5,93). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa strategi TTW efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks ulasan kelas VIII SMP Negeri 1 Ngluwar Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23881

Actions (login required)

View Item View Item