FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 2 KLATEN

Gandhi Nur Rohmat .K (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GANDHI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di SMA N 2 Klaten. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat motivasi siswa secara keseluruhan dalam mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMA N 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Populasinya adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMA N 2 Klaten berjumlah 35 siswa, terdiri atas 19 siswa putra dan 16 siswa putri. Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0.954. Uji validitas menggunakan rumus product moment dengan butir pernyataan semula 45 butir dan gugur 6 butir pernyataan, sehingga butir pernyataan yang sahih adalah 39 butir. Analisis data digunakan analisis statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memotivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMA N 2 Klaten terdiri atas faktor motivasi intrinsik dan faktor motivasi ekstrinsik. Faktor motivasi intriksik berada pada kategori tinggi (40,00%), sedangkan motivasi ekstrinsik berada pada kategori sedang (42,86%). Tingkat motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bolabasket di SMA N 2 Klaten secara keseluruhan berada pada kategori sedang (42,85%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor, motivasi, ekstrakurikuler, bolabasket
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jul 2015 07:51
Last Modified: 11 Mar 2019 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23877

Actions (login required)

View Item View Item