SIKAP SISWA TERHADAP PENERAPAN METODE SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMA N 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Bayu Lumbono, Kukuh (2015) SIKAP SISWA TERHADAP PENERAPAN METODE SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMA N 1 PLERET BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAS KUKUH BAYU LUMBONO.PDF

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana sikap siswa kelas X SMAN 1 Pleret Bantul Yogyakarta terhadap penerapan metode saintifik dalam pembelajaran seni rupa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan dan menafsirkan data mengenai sikap siswa kelas X SMAN 1 Pleret Bantul Yogyakarta terhadap penerapan metode saintifik dalam pembelajaran seni rupa khususnya batik. Subjek penelitian ini berjumlah 40 siswa Tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilaksanakan pada saat dilaksanakan kegiatan pembelajaran seni rupa saat penyampaian materi batik di kelas XB dan kelas XC, setiap kelas diambil 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuisioner, digunakan angket dengan empat alternatif pilihan jawaban. Observasi, observasi dilakukan untuk mendapatkan informasi awal mengenai hal-hal yang berkenaan dengan objek penelitian. Teknik analisis statistik menggunakan perhitungan dalam analisis data yang menghasilkan persentase pencapaian dan selanjutnya diinterprestasikan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan 52,5% siswa pada aspek kognitif setuju terhadap penerapan metode saintifik dalam pembelajaran seni rupa pada saat penyampaian materi batik (cukup).Hasil penelitian menunjukan 50,0% siswa pada aspek afektif setuju terhadap penerapan metode saintifik dalam pembelajaran seni rupa pada saat penyampaian materi batik (baik). Hasil penelitian menunjukan 50,0% siswa pada aspek psikomotor setuju terhadap penerapan metode saintifik dalam pembelajaran seni rupa pada saat penyampaian materi batik (baik). Jadi secara keseluruhan sikap siswa kelas X terhadap penerapan metode saintifik dalam pembelajaran seni rupadi SMAN 1 Pleret dari hasil perhitungan aspek kognitif 52,5%, afektif 50,0%, dan psikomotor 50,0% adalah baik (bersikap positif dan dapat menerima penerapan metode saintifik dalam pembelajaran seni rupa).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sikap siswa, aspek kognitif, aspek afektif, aspek psikomotor.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item