PERANCANGAN FURNITUR MULTIFUNGSI SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN RUANG PERUMAHAN GRIYA KEMBANG PUTIH TIPE 36 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

Hidayat, Taufiq (2015) PERANCANGAN FURNITUR MULTIFUNGSI SEBAGAI SOLUSI PERMASALAHAN RUANG PERUMAHAN GRIYA KEMBANG PUTIH TIPE 36 KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
TAKS TAUFIQ HIDAYAT.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perancangan furnitur multifungsi ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan ruang rumah tinggal tipe 36 di Perumahan Griya Kembang Putih Kasihan Bantul Yogyakarta, dalam perwujudan karya dengan ukuran yang sebenarnya. Proses perancangan melalui tahapan pengumpulan data, dengan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data fisik ruang dan permasalahan yang terjadi di lapangan serta dokumentasi. Data yang diperoleh digunakan untuk mengetahui semua permasalahan, sehingga dapat dianalisis kebutuhan ruang yang ada. Proses perancangan dilakukan melalui tahap brainnstorming, layout ruang, dan alternatif desain, perancangan mencakup keseluruhan ruang yaitu ruang tamu, ruang dapur, kamar mandi, kamar tidur utama, dan kamar tidur anak. Hasil perancangan berupa tersusunnya konsep perancangan furnitur multifungsi yang menerapkan bentuk minimalis yang menekankan pada aspek fungsional dengan menggabungkan beberapa fungsi berbeda menjadi satu unit furnitur. Perancangan furnitur disesuaikan dengan kebutuhan fasilitas dalam ruang dengan penataannya mempertimbangkan aspek tata letak dan zoning yang disesuaikan dengan alur kegiatan dan sifat ruang. Perwujudan karya jadi berupa satu set furnitur multifungsi ruang tamu yaitu sofa, almari TV, dan meja kursi tamu. Bahan material furnitur menggunakan kayu albasia solid dengan bahan finishing HPL (High Preasure Laminating), serta bahan kain fabrik untuk bahan finishing sofa.. Konstruksi yang digunakan adalah sambungan mortise dan tenon (sambungan lubang purus), dengan warna netral seperti krem dan coklat untuk memberi kesan ringan, yang dikombinasikan dengan merah agar lebih terlihat cerah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Furnitur Multifungsi, Penataan, Perumahan tipe 36
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23873

Actions (login required)

View Item View Item