PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS LECTORA INSPIRE DENGAN METODE SELF DIRECTED LEARNING UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JETIS BANTUL

Dewita, Tiara (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERBASIS LECTORA INSPIRE DENGAN METODE SELF DIRECTED LEARNING UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JETIS BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-Tiara Dewita-11201241001.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran menulis puisi berbasis lectora inspire dengan metode self directed learning untuk siswa SMP kelas VIII. Media yang dikembangkan ditinjau dari aspek kualitas materi, aspek isi pembelajaran, aspek tampilan media, dan aspek pemrograman. Aplikasi lectora inspire dipilih karena memiliki fitur yang menunjang untuk membuat media pembelajaran yang interaktif. Media ini dapat digunakan dalam pelajaran menulis puisi kelas VIII yang menggunakan KTSP 2006. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada sepuluh ahap prosedur pengembangan dari Borg dan Gall yang kemudian disederhanakan menjadi enam tahap, yakni analisis kebutuhan, perencanaan, produksi, validasi, evisi, dan uji coba. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Uji coba media dilakukan pada siswa kelas VIII D di SMP Negeri 3 Jetis Bantul. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan pedoman skala ikert. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan baik dan layak untuk digunakan berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Hasil validasi materi dari aspek kualitas materi menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 82% dengan rerata 4.1, sedangkan dari isi pembelajaran adalah 78% dengan nilai rerata 3.9. Hasil validasi media menunjukan tingkat kelayakan aspek tampilan media pembelajaran sebesar 72% dengan rerata 3.6, sedangkan untuk aspek pemrograman media sebesar 80% dengan rerata 4.0. Produk media ini secara ilmiah terbukti dapat diterima dan diaplikasikan dalam pembelajaran, khususnya menulis puisi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23872

Actions (login required)

View Item View Item