PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DI SMPN 1 SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL

Wardatun Khasanah, Anni (2014) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN METODE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DI SMPN 1 SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10416244006.swf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full 10416244006.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
9. RINGKASAN.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas VII SMPN 1 Srandakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII dengan menggunakan metode everyone is a teacher here dan metode learning starts with a question di SMPN 1 Srandakan Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, melibatkan dua kelas, yakni kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Desain penelitian menggunakan pretest-postest, nonequivalent multiple-group design. Variabel dalam penelitian ini yaitu metode everyone is a teacher here dan metode learning starts with a question sebagai variabel bebas,. Aktivitas dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini yaitu kelas VII SMPN 1 Srandakan, sedangkan sampelnya kelas VII C dan kelas VII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling karena semua kelas dianggap homogen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan tes. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik independent-sample t-test terhadap gain score melalui program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar IPS berdasarkan angket pada kelas eksperimen 1 sebesar 84,24%, pada kelas eksperimen 2 sebesar 80,24%. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 sebesar 80,63 dan kelas eksperimen 2 sebesar 74,22. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis data angket menunjukkan bahwa thitung 2.365> ttabel 1,999 dengan taraf signifikansi 5%, sedangkan hasil belajar diperoleh thitung 3,046 > ttabel 1,999 dengan taraf signifikansi 5%. Hal itu menunjukkan bahwa Ho pertama dan kedua dalam penelitian ini ditolak dan Ha diterima, sekaligus menunjukkan bahwa ada perbedaan aktivitas dan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa kelas VII SMPN 1 Srandakan yang diberikan metode everyone is a teacher here dan learning starts with a question. Hal itu berarti bahwa aktivitas dan hasil belajar IPS pada kelas eksperimen 1 yang mendapat perlakuan dengan metode everyone is a teacher here lebih baik daripada kelas eksperimen 2 dengan perlakuan metode learning starts with a question. Kata kunci: metode everyone is a teacher here, metode learning starts with a question, aktivitas dan hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jul 2015 06:12
Last Modified: 25 Aug 2015 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23871

Actions (login required)

View Item View Item