KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 WATES KABUPATEN KULONPROGO DIY

Meilani, Lista (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE (TTW) DALAM PEMBELAJARAN MENULS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 WATES KABUPATEN KULONPROGO DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Lista Meilani-11201241006.pdf

Download (221MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks negosiasi antara kelompok eksperimen yang menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dan menguji keefektifan penggunaan strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA N 2 Wates. Strategi Think-Talk-Write (TTW) dipilih karena strategi ini dapat membantu siswa dalam membangun pengetahuan melalui tiga tahapan yaitu, berpikir, berbicara, dan menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian, ditetapkan bahwa kelas Mia 1 kelas eksperimen dan kelas Mia 2 kelas kontrol. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks negosiasi. Hasil uji normalitas menunjukan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukan varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan menulis teks negosiasi pada kelompok eksperimen dengan menggunakan strategi Think-Talk-Write (TTW) dan pada kelompok kontrol tanpa strategi Think-Talk- Write (TTW). Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan bantuan komputer SPSS 16.0. Hasil perhitungan uji-t menghasilkan thitung 3,154 dengan db 62 diperoleh nilai p sebesar 0,002 (p<0,05). (2) Strategi Think- Talk-Write (TTW) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks negosiasi, dibuktikan dengan hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung 12.138 dengan db 31 dan diperoleh p sebesar 0,000 (p<0,05). Selain itu, Keefektifan strategi Think-Talk-Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks negosiasi dibuktikan dengan pengujian gain score. Hasil pengujian gain score menunjukkan bahwa gain score kelompok eksperimen sebesar 0,3825 lebih besar dibandingkan dengan gain score kelompok kontrol sebesar 0,2601.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 30 Jul 2015 07:21
Last Modified: 30 Jan 2019 01:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/23869

Actions (login required)

View Item View Item